HeadlineMitos

Enam Makam Keramat di Madura

MADURA menyimpan banyak sejarah, tak sedikit para sesepuh Madura maupun ulama dan orang sakti dari pulau garam ini.

Tak pelak, banyak para peziarah mencari tempat-tempat yang dianggap keramat, seperti kuburan dan tempat keramat lainnya. Bagi banyak orang, “nyari kuburan” (nyarkub) merupakan tradisi untuk mengenang dan menjaga kisah-kisak klasik keramat di Madura. Bahkan, ada juga sebagian orang yang sengaj untuk berdoa bahkan ngalab berkah. Berikut beberapa kuburan atau tempat keramat yang ada di Madura.

1. Makam Syaikhona Kholil

Di kalangan umat Islam, khususnya Warga Nahdliyyin (NU), Raden Kyai Haji Kholil atau yang biasa disapa Mbah Kholil sangat terkenal karena beliau adalah guru dari pendiri NU, KH Hasyim Asy’ari. Makamnya terletak di dalam masjid Desa Mertajasah Kecamatan Kota Kabupaten Bangkalan.

2. Makam Sunan Cendana

Makam ini memang tidak seterkenal Makam Mbah Kholil dan juga Batu Ampar, namun bagi masyarakat Bangkalan, khususnya Kecamatan Kwanyar, Makan Sunan Cendana selalu mereka kunjungi saat mudik. Namun banyak juga pengunjung yang datang dan ngalab berkah.

3. Makam Batu Ampar

Makam Batu Ampar ini cukup banyak orang yang berziarah untuk ngalab berkah. Tak jarang, seperti hari-hari besar islam, banyak oengunjung yang datang. Pasarean yang terletak di Desa Proppo Barat, Pamekasan ini dimakamkan seorang ulama yang bernama Syaikh Abdul Manan.

4. Asta Tinggi

Asta Tenggih, atau Asta Tinggi merupakan kawasan pemakaman khusus para raja dan keluarganya yang terletak di dataran tinggi bukit Kebon Agung Sumenep. Penataan makam dan pintu gerbangnya artistik dan indah. Banyak rang atau penungunjung yang sering berziarah mengaku banyak hal keramat dan aura positif yang sering muncul di makan tersebut.

5. Keraton Sumenep

Keraton yang terletak tidak jauh dari Masjid Agung ini banyak menyimpan banyak hal bersejarah tentang kejayaan Kerajaan Sumenep di masa silam.

6. Makan Aeng Matah Ebuh (Air Mata Ibu)

Ini juga merupakan kompleks makam para pembesar kerajaan yang terletak di Bangkalan.

Selengkapnya

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button