HeadlineNews

Ini Kesalahan Ngecharger Ponsel yang Bikin Cepat Rusak

Mengisi daya atau ngecas HP (ponsel) ternyata tak semudah dibayangkan. Ada beberapa kesalahan yang kerap dilakukan pengguna. Misalnya, meninggalkan perangkat pengisi daya di stop kontak tanpa terhubung dengan ponsel.

Hal itu ternyata tidak dibenarkan karena bisa menyebabkan kebakaran. Berikut deretan kesalahan saat sedang mengisi baterai atau ngecas HP yang sering dilakukan seperti dirangkum VIVA Tekno, Sabtu, 22 Agustus 2020.

Lupa cabut charger dari stop kontak

Kesalahan pertama yang sering dilakukan adalah hanya mencabut HP tapi charger masih menempel pada stop kontak. Ternyata kebiasaan ini sangat berbahaya. Misalnya saja charger bisa menarik daya terus menerus pada soket listrik walaupun ponsel tidak terhubung. Ini jelas tidak baik untuk tagihan listrik.

Selain itu kebiasaan tersebut juga menyebabkan sesuatu disekitarnya terbakar karena trafo listrik yang bisa menumpuk panaa. Jika udara di dalam ruangan lembab bisa menyebabkan hubungan pendek pada trafo dan menjadi penyebab kebakaran.

Ngecas HP sampai 100 persen

Jika terus menerus mengisi baterai penuh hingga 100 persen dapat mempersingkat masa pakai ponsel. Alasannya karena setiap baterai memiliki jumlah siklus pengisian daya dan jika mengisinya mencapai 100 persen siklusnya akan berakhir dengan cepat.

Aturan umumnya adalah mengisi penuh sekali sebulan dan baterai harus tetap berada antara 20-80 persen setiap waktunya.

HP mati total sebelum dicas lagi

Jika sebelumnya dilarang mengisi baterai HP hingga 100 persen. Nah, sekarang juga tidak diperbolehkan menghabiskan seluruh daya sebelum melakukan charging. Kembali lagi soal siklus sebelumnya, jika dibiarkan mati dengan keadaan no persen, maka akan mempercepat masa pakai HP alias enggak awet.

Ngecas HP semalaman

Siklus baterai lainnya yang akan jadi masalah yaitu ngecas HP semalaman. Selain itu kebiasaan ini akan membuat ponsel menjadi cepat panas.

HP aktif saat ngecas

Larangan lainnya adalah memakai HP ketika lagi ngecas. Hal ini akan membuat baterai HP menjadi tertekan karena melakukan ‘dua pekerjaan’ dalam waktu bersamaan. Jika memang HP aktif saat ngecas dan seseorang menelepon, maka cabut HP dari kabel cas. Jika sudah selesai bisa kembali dicas.

Baterai HP belum ‘merah’ sudah dicas

Terus-terusan ngecas padahal baterai HP belum ‘merah’ ternyata kebiasaan yang buruk. Sebab, akan membuat daya tahan HP menjadi lebih pendek dari yang seharusnya. Cara terbaik ngecas HP adalah saat baterai di atas 5 persen dan di bawah 20 persen.

Pakai charger murah dan enggak asli

Semua HP memiliki compatible charger dan seharusnya tidak digantikan dengan model lain. Jika menggunakan charger yang tidak cocok, maka power dari energi yang ditransmisikan pada baterai HP bisa terlalu banyak atau sedikit. Melakukan hal tersebut bisa menyebabkan panas berlebihan atau bisa juga jadi terlalu lambat.

Ngecas HP dari laptop

Laptop jadi salah atu pilihan untuk mengisi baterai ponsel yang habis. Namun melakukannya membutuhkan waktu lama dari menggunakan soket listrik serta tidak mengaktifkan pilihan pengisian daya baterai bila ada. Jika ingin ngecas HP lebih cepat, maka cara terbaik adalah nyolok langsung dari stop kontak.

Menggunakan aplikasi baterai dari sumber tidak dikenal

Menggunakan aplikasi bisa membantu memantau kinerja baterai. Namun hal ini juga perlu jadi perhatian utama. Diingatkan untuk menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh sumber terpercaya. Menggunakan platform tidak dikenal bisa membuat baterai tertekan hingga mengunduh iklan di HP. (viva)

Selengkapnya

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close