HeadlineNews

KSAD Andika Perkasa Pimpin Sertijab 9 Jabatan Pangkotama TNI AD

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memimpin serah terima jabatan (sertijab) sembilan jabatan Pangkotama dan Kabalakpus TNI AD. Pada saat bersamaan dilaksanakan pula laporan korps kenaikan pangkat 56 orang Perwira Tinggi (Pati) TNI AD.

“Sembilan jabatan yang diserahterimakan yaitu Irjenad, Kepala RSPAD, Pangdam I/BB, Pangdam IV/Diponegoro, Pangdam IX/Udayana, Aster KSAD, Danseskoad, Kapuskesad, serta Dirkumad,” ujar Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat (Kadispenad) Brigjen TNI Nefra Firdaus di Lantai Dasar Gedung E Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta, Kamis (25/6/2020).

Nefra menuturkan, jabatan Irjenad diserahterimakan dari Mayjen TNI Suko Pranoto kepada Mayjen TNI Mochamad Effendi, sementara Pangdam IV/Dip yang sebelumnya dijabat oleh Mayjen TNI Mochamad Effendi diserahkan kepada Mayjen TNI Bakti Agus Fajari. Posisi yang ditinggalkan Bakti selaku Aster KSAD diisi oleh Mayjen TNI Nurchahyanto.

Jabatan Pangdam I/BB diserahterimakan dari Mayjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah kepada Mayjen TNI Irwansyah, sedangkan Pangdam IX/Udy diserahterimakan dari Mayjen TNI Benny Susianto kepada Mayjen TNI Kurnia Dewantara.

Pada waktu bersamaan juga diselenggarakan acara laporan korps kenaikan pangkat Pati dengan dasar Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1127/VI/2020 tanggal 16 Juni 2020. Ada 56 orang Pati TNI AD yang melaksanakan laporan korps kenaikan pangkat kepada KSAD.

Sebelumnya, pada Senin (22/6/2020) lalu, 56 orang Pati TNI AD tersebut juga telah melaksanakan laporan korps kenaikan pangkat kepada Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, bersama dengan 8 Pati dari TNI AL dan 19 Pati dari TNI AU.

Nefra menuturkan, dari 56 pati yang naik pangkat, tiga orang di antaranya naik pangkat menjadi Mayjen dengan pangkat bintang dua. Sementara 53 pati lainnya naik ke brigadir jenderal (Brigjen) dengan pangkat bintang satu.

“Ketiga pati tersebut yaitu Mayjen TNI Anang Dwitono yang menjabat sebagai TA Pengajar Bidang Padnas Lemhannas, Mayjen TNI Hayunadi menjabat TA Pengajar Bidang Geografi Lemhannas, dan Mayjen TNI Fauzambi Syahrul Multhazar yang menempati jabatan Kasatwas Unhan,” ucap Kadispenad.

Rangkaian acara dimulai dengan pemutaran video profil pejabat yang melakukan sertijab dan laporan korps kenaikan pangkat di Videotron Mabesad. Setelah itu dilanjutkan prosesi acara sertijab, termasuk penandatanganan berita acara sertijab oleh KSAD disambung penandatangan berita acara sertijab Persit Kartika Chandra Kirana (KCK).

Hadir dalam upacara ini antara lain wakil KSAD, Pangkostrad, Irjenad, Koorsahli dan para Asisten KSAD, serta Kadispenad.

Selengkapnya

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close