HeadlineNews

Mau dapat Kartu Prakerja, Begini Caranya

LIPUTANMADURA.com – Program Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja sasaran penerima yang berusia 18 tahun ke atas dan sedang tidak sekolah/kuliah.

Bantuan ini hanya akan diberikan sekali seumur hidup untuk peserta. Kartu Prakerja bertujuan untuk mengembangkan kompetensi angkatan kerja, meningkatkan produktivitas dan daya saing angkatan kerja.

Syarat pendaftaran Kartu Prakerja adalah WNI usia 18 tahun ke atas dan tidak sedang bersekolah/kuliah. Namun, program diprioritaskan untuk pengangguran muda. Pendafaran Program Kartu Prakerja yang seharusnya dibuka pada 9 April 2020 diundur menjadi tanggal 11 April 2020.

 Sebelum melakukan pendaftaran, Anda perlu membuat akun terlebih dahulu Cara daftar akun Kartu Prakerja cukup mudah. Anda bisa memakai email aktif. Berikut panduannya:

1. Masukkan nama lengkap, email, dan kata sandi

2. Klik Daftar.

3. Selanjutnya verifikasi email.

4. Lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.

5. Pendaftaran berhasil. Anda berhasil membuat akun Kartu Prakerja.

Setelah mendaftar, Anda bisa login ke akun Kartu Prakerja dengan membuka laman www.prakerja.go.id, kemudian:

1. Klik Login atau Masuk pada Laman Depan.

2. Masukkan email dan kata sandi akun kamu. Klik Login.

3. Berhasil masuk ke akun. Tahap Pendaftaran Kartu Prakerja Setelah berhasil daftar akun Kartu Prakerja dan login akun, masuk ke Dashboard akun, kemudian ikuti langkah berikut ini:

1. Isi verifikasi KTP Anda.

2. Klik Berikutnya.

3. Lengkapi data diri dan unggah foto KTP dan swafoto dengan KTP.

4. Lakukan Verifikasi Telepon dan Klik Kirim.

Setelah selesai verifikasi KTP, mengisi data diri, dan verifikasi nomor telepon, Anda wajib melakukan deklarasi survey. Selanjutnya, Anda wajib melakukan tes . Setelah selesai tes, pendaftaran Anda sedikit lagi selesai, Anda tinggal ikut seleksi batch, pilih batch yang Anda inginkan disesuaikan dengan domisili.

Tahap pendaftaran Anda selesai dan tinggal menunggu proses evaluasi pendaftaran. Selanjutnya Anda akan menerima notifikasi apakah Anda lolos atau bisa ikut batch yang Anda pilih di Dashboard akun.

Syarat Ikut Pelatihan Online Kartu Prakerja Untuk mendapatkan manfaat Kartu Prakerja dan ikut pelatihan online, Anda harus lolos di tes dan Anda mendapat kuota pada batch yang Anda pilih. Jika Anda lolos tes, Anda akan menerima notifikasi di Dashboard akun.

Pastikan Anda memilih batch sesuai periode dan area yang Anda inginkan kemudian klik Ya, Gabung. Selanjutnya, Anda menunggu proses evaluasi.

Jika kuota batch yang Anda pilih masih ada, Anda juga akan menerima notifikasi. Jika kuota batch sudah habis, Anda juga akan menerima notifikasi.

Anda tidak perlu memasukkan semua data lagi untuk pendaftaran ulang jika kuota batch yang Anda pilih sudah habis. Anda masih bisa memilih batch berikutnya atau batch lainnya. Setelah menemukan batch berikutnya yang sesuai, Klik Pilih Batch dan Anda akan menerima notifikasi lolos atau tidak untuk ikut batch di akun Dashboard Anda. (*)

Sumber:tirto, prakerja.go.id

Selengkapnya

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close