EkonomiHeadlineNews

Tito Ajak Kepala Daerah untuk Andalkan Kewirausahaan

JAKARTA – Semangat kewirausahaan di tengah pandemi virus corona (covid-19) perlu ditingkatkan sehingga menghasilkan produk yang produktif.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mengajak kepala daerah untuk mengembangkan semangat entrepreneurship atau kewirausahaan di wilayah masing-masing. Hal itu disampaikan dalam sambutan virtualnya saat peringatan hari jadi Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) ke-20 di tengah pandemi COVID-19 di Kantor Apkasi, Jakarta, Sabtu.

“Kemampuan yang perlu dimiliki seorang kepala daerah adalah kemampuan entrepreneurship, kemampuan untuk berwirausaha dalam rangka untuk menangkap peluang yang ada di daerah masing-masing,” kata Tito

Dengan jiwa kewirausahaan, kata dia, peluang-peluang yang ada di daerah bisa dikembangkan sehingga mampu untuk menjaring pendapatan dengan cara-cara sesuai aturan hukum dan kemudian menggunakannya dengan tepat sasaran, hemat, dan selektif.

Ia menambahkan dengan semangat kewirausahaan maka daerah bisa surplus dalam bidang anggaran, bukan justru defisit karena belanjanya lebih besar.

“Belanjanya dengan program-program yang tidak bisa dieksekusi sementara pendapatannya lebih kecil, ibarat lebih besar pasak daripada tiang,” katanya.

Ditambahkan, hal ini memerlukan keahlian atau kemampuan kewirausahaan para kepala daerah.

“Apkasi bisa menjadi penyaluran kepala daerah untuk menyamakan persepsi, saluran untuk menyampaikan aspirasi dan saluran juga untuk melakukan koreksi,” katanya.

Report: Septian

Selengkapnya

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close