HeadlineNewsPolitik

Trump: Amerika Putuskan Hubungan dengan WHO

Report: Maya I Editor: Isnan Rahardi

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump mengumumkan secara resmi jika negara yang dipimpinnya mengakhiri hubungan kerjasama dengan Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO. Alasannya, ia menilai WHO gagal menangani penyebaran virus korona.

Donald Trump juga kembali menegaskan penghentian pendanaan Amerika untuk WHO. Ia menilai saat ini WHO menjadi boneka Cina. Demikian dilansir Reuters, Sabtu 30 Mei 2020.

“Cina memiliki kendali penuh atas Organisasi Kesehatan Dunia, mesk hanya membayar $40 juta dolar AS per tahun,” ujar Trump, dikutip dari Reuters. Sedangkan Amerika, lanjut Trump, memberi penyumbang sebesar $450 juta dolar AS per tahun. Amerika juga menjadi penyumbang terbesar bagi WHO.

Namun usai penghentian aliran dana, penyumbang terbesar ke WHO saat ini berasal dari Bill Gate. Pengusaha IT itu dikenal sebagai pelopor sejumlah vaksin di dunia.

Trump mengumumkan penghentian pendanaan untuk WHO dan mengirim surat kepada Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Ia memberi ultimatum, jika WHO gagal melakukan reformasi organisasi yang dimintanya selama 30 hari ke depan, maka Amerika akan menghentikan pendanaan untuk  WHO secara permanen.

“Karena mereka telah gagal melakukan reformasi yang diminta. Kita hari ini akan mengakhiri hubungan kita dengan Organisasi Kesehatan Dunia,” tegasnya.

Terkait rencana bantuan dana yang biasa diguyur Amerika untuk WHO, Trump menegaskan, pihaknya akan mengirimkan bantuan itu kepada organisasi kesehatan yang lebih membutuhkan.

“Mengarahkan kembali dana tersebut ke seluruh dunia lainnya yang laik mendapat kebutuhan kesehatan masyarakat global yang mendesak,” tegas Trump.(TIMUR MEDIA)

Selengkapnya

Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close